Thursday, April 1, 2010

Jenis-Jenis Kapal (Passenger Ship)

(lanjutan dari "Kapal, Apaan Tuh...????? ")




KAPAL PENUMPANG (Passenger Ship)

Jenis-jenis kapal pertama yang dapat dijelaskan Mamang adalah jenis kapal dari spesies yang merupakan kategori spesies kapal-kapal naga ups....maksudnya kapal niaga atau dalam bahasa penjajah disebut commercial Ship atau disebut juga merchant ship. Jenis kapal niaga sangat banyak tergantung dari apa benda atau barang yang akan dimuat. Secara garis besar, kapal niaga dibagi dua jenis yaitu Kapal Barang (cargo ship) dan kapal penumpang (Passanger Ship).

Untuk yang pertama kalinya si Mamang akan menjelaskan kapal niaga jenis Passanger ship terlebih dahulu mengingat sedikitnya jenis kapal ini dan lebih mudah untuk dijelaskan.

Pengertian Kapal Penumpang (Passenger Ship?

Kapal penumpang adalah suatu kapal yang digunakan maskapai perkapalan atau persendirian dengan muatan utamanya adalah penumpang atau orang. Sedangkan kapal barang/kargo yang memiliki ruangan akomodasi untuk memuat penumpang secara terbatas tidak bisa di kategorikan sebagai kapal penumpang.

Cuise Ship / Ocean Ship



“Gambar kapal apa diatas adik-adik??”
“Bagus pinter semua, itu adalah kapal Titanic yang filmnya pernh kalian tonton. Yang sebelah atas photo Asli, dan yang sebelah bawah adalah gambar diambil dari Film Titanic, dah nonton kan?”




Kapal Titanic merupakan kapal penumpang terbesar pertama di dunia dengan daya jelajah yang sangat jauh yaitu akan menghubungkan dua benua Eropah dan Amerika.



RMS Titanic, itulah sebutan dari kapal Titanic, RMS singkatan dari Royal Mail Ship (tolong betulkan jika salah) adalah Kapal Penumpang termewah pada masa itu dan terbesar di dunia kepunyaan salah satu maskapai pelayaran White Star Line yang dibangun di Harland and Wolf Shipyard in Belfast, dan sekarang adalah North Ireland

Peta yang menunjukan dimana tempat Titanic di bangun
Disitulah Titanic dibangun, kapal yang dirancang oleh Insinyur-insinyur yang telah berpengalaman dibidangnya dengan penggunaan teknologi tercanggih di jamannya akhirnya tenggelam bersama kesombongan-kesombongan mereka yang menurut klaim mereka kapal tersebut tidak dapat tenggelam. Itulah ujian dari Aloh untuk orang-orang yang sombong!

Kapal Titanic memulai pelayarannya untuk pertama kalinya pada tanggal 10 April 2012, dengan Capten. Edward J. Smith sebagai Master Titanic saat itu.

Inilah photo asli sang kapten, mirip sekali dengan pelakon di filmnya ya?



Kapal yang bertolak dari Southampton, Inggris dengan tujuan New York di Amerika tersebut akhirnya tenggelam pada hari kelima dari pelayaran yaitu tanggal 15 April 1912 dini hari atau 2jam 45 menit setelah menabrak gunung es pada tengah malam tanggal 14 April 1912. Kapal yang memuat penumpang sebanyak 2223 orang tersebut menghembuskan nafas terakhir kali bersama 1517 orang penumpang. Termasuk diantaranya adalah Jack pacar gelapnya Rose heheheh e.....itulah pengorbanan yang sangat besar atas cintanya kepada rose heheheh malah ngawadul...!



Inilah Rute Titanic dalam pelayaran mautnya.....


Jadi ingin bercerita banyak tentang titanic Neh, oke deh ...kalau ada waktu kita lanjutkan dilain kesempatan tentang “TITANIC”.

RMS Titanic bisa dikategorikan sebagai kapal niaga (commercial) sebab menurut International Convention for the Safety of Life at Sea (SOLAS) semua jenis kapal penumpang merupakan jenis kapal niaga (commercial).

Kapal-kapal penumpang penjelajah bisa disebut juga kapal pesiar (Cruise ship) atau disebut juga Ocean Ship karena daya jelajajnya yang mengarungi samudera.

Dalam perkembangannya, Cuise Ship pada jaman sekarang mendapat banyak sentuhan yang berbeda dibanding kapal-kapal pada jaman lampau yang terkesan klasik dan kurang mengindahkan keselamatan di laut.

International Maritime Organization (IMO) atau dulu dikenal dengan nama Inter-Governmental Maritime Consultative Organization (IMCO) yang ditubuhkan di jenewa pada tahun 1948,  Kemudian berganti nama dengan IMO pada tahun 1982.  Dalam perjalanan sejarah IMCO adalah organisasi kemaritiman yang mengawasi keselamatan laut yang dibentuk oleh organisasi bawahan PBB. Organisasi kemaritiman sebenarnya telah terbentuk jauh sebelum organisasi ini ditubuhkan. Dan berinisiatif membantuk akta keselamatan di laut Safety of Life at Sea Convention (SOLAS) yang pertama kali di terapkan pada tahun 1914 yaitu dua tahun setelah tragedi Titanic. Hal ini dilakukan sebagai lanjutan dari tindakan preventive atas tragedi  yang menipa TITANIC.
Kemudian IMCO pertama kali melakukan pembaharuan SOLAS  yang dimulai pada tahun 1960 dan selesai pada tahun 1974 mengikuti keselamatan dan teknologi terkini. Sejak itu IMCO mulai mengetatkan peraturan-peraturan keselamatan di laut dan menjadi acuan bagi pembangun, perencana dan pemilik-pemilik  kapal sebagai syarat kapal bisa layak laut.

Kapal Penumpang (passanger ship)

Gambar diatas adalah jenis kapal penumpang untuk tujuan pesiar (cruise), yang didesign oleh perancangnya memang untuk tujuan hura-hura. Si Mamang memanggilnya “Kapal Maksiat!” Karena kebanyakan penumpang di kapal tersebut adalah orang-orang yang bertujuan “maksiat”. maaf yeee.....
Disana banyak bermacam-macam syurga dunia, dan disana tidak ada seorangpun yang mengusik segala kemaksiatan yang dibuat. Disana seolah-olah dunia milik mereka, seolah-olah bukan bagian dari dunia yang fana ini. Tak ada pak ustadz yang menceramahi dan tak ada pak RT ataupun tetangga yang menggerebeg. Itulah syurganya orang-orang calon penghuni neraka….Mau judi, mau mabuk, mau jinah mau mampos pun boleh….yang jelas fatwa MUI disana gak berlaku yee….heheheehh

Ini adalah gambar kapal penumpang kepunyaan PT.Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia). Inilah kapal langganan Mamang sebelum harga pesawat mulai terjangkau. Melalui kapal ini Jakarta-Batam dihungkan selama 24jam alias sehari semalam.

Nah kalau kapal ini mah bener-bener sebagai kapal penumpang, walaupun tidak menutup kemungkinan jika didalamnya dilakukan oleh orang-orang yang memang ingin maksiat. Kapal ini walaupun sebagai kapal penumpang, namun dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan. Ada karaoke, ada twenty one ada pub dan ada cafetaria. Kapal ini digunakan untuk tujuan jarak jauh yang sangat cocok untuk negara Indonesia yang dipisahkan oleh pulau-pulau yang sangat berjauhan. Kapal inilah yang menghubungkan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Untuk penumpang kere macam Mamang yang masih berstatus "mahasiwah" yang cuma mampu membeli tiket kelas ekonomi, udah suatu keuntungan yang sangat besar jika mendapatkan kapling dipojokan dengan menggelar tikar, ataupun dibawah tangga, atau didepan resepsionis dek 7, karena kalau menjelang hari raya paling tidak mendapat tempat di geladak luar dek paling atas samping mushola.

Inilah situasi penumpang ekonomi. Bagi penumpang yang kebagian Ranjang adalah anugerah, lihatlah si Mamang yang sedang memeluk dengkul sambil lesehan“ngampar samak” prihatin sekali si Mamang itu, pandangannya jealous euy! Sabar Mang!!!



Ferry

Kapal penumpang jenis lain adalah Ferry bedanya menurut Mamang, ferry adalah kapal penyebrangan dalam tujuan jarak dekat ataupun disebut disebut transportasi pantai, sungai dan danau.

Dibawah ini adalah gambar ferry yang merupakan adiknya dari kapal kepunyaan PELNI tersebut diatas.

Kapal Ferry penyebrangan pantai dengan bobot berat (weightship)


Dan yang ini adalah Kapal penyebrangan (Ferry) berjenis lain.

Selain mengangkut penumpang, kapal ferry biasa juga digunakan untuk mengangkut barang-barang kebutuhan mendesak seperti sayuran, daging, dan bahan makanan lainnya yang dikemas dalam kontainer yang berpendingin (refrigerated container). Selain itu adakalanya kapal ini mengangkut barang-barang curah lainnya yang berkapasitas sedikit seperti biji-bijian yang dikemas dalam goni ataupun wadah tertutup lainnya.


Roro Ferry

Ini adalah gambar kapal roro (roro fery)

Adakah hubungannya antara Nyi Roro Kidul yang menguasai pantai selatan dengan kapal ini? Apakah saudara maranya? Bukan Ndull..!!!

Roro disini adalah singkatan dari Roll on roll off. Kapal ini fungsinya mirip sebagai jembatan yang bergerak. Namanya jembatan, apapun bisa melewatinya, mau mobil, mau bis, mau teksi, mau bemo, mau becak, mau ojek bechek… ataupun odong-odong.

Namun no way untuk dokar dan delman! Forbidden untuk Anda!

Sesuai dengan namanya roll off roll on atau roll off roll on (mirip nama pewangi ketek!) adalah suatu kapal ferry yang mempunyai dua lubang pintu masuk depan dan pintu keluar belakang. Penumpang beserta bawaan termasuk mobil, montor becak tersebut masuk dari pintu depan keluar dari pintu belakang. Jadi mobil gak usah parkir lagi untuk keluar. Sangat simple dan effisien toh???….

Tempat muatan untuk kendaraan-kendaraan ditempatkan pada geladak utama (main deck) dan bawah main dek (under main deck) untuk jenis RORO yang lebih besar. sedangkan penumpang ditempatkan pada dek 1, 2 dan 3 tergantung dari berapa besar kapal tersebut.

Kapal ferry jenis ini sudah digunakan oleh Indonesia sejak lama, kapal-kapal inilah yang menghubungkan pulau sumatera dengan Jawa, pulau jawa dengan bali, pulau jawa dengan madura, pulau batam dengan Pulau Bintan dan pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Jadi mobil orang Aceh yang berada diujung barat Indonesia bisa sampe ke Bali atau ke Madura dengan nyetir sendiri.

Fast Ferry

Ferry Cepat (Fast Ferry) biasanya dibuat dari bahan fiber atau allumunium.

Ini adalah adik jauhnya dari Nyi roro diatas, kapal ini bisa disebut fast ferry karena kecepatannya dalam membelah pantai dan selat. Biasanya kapal-kapal jenis ini dipakai didaerah perairan atau laut yang tidak bergelombang tinggi. Sehingga sangat cocok untuk transportasi pantai sungai dan danau yang tak bergelombang kuat.

Kapal-kapal jenis ini banyak dipakai oleh maskapai-maskapai kapal penumpang yang menghubungkan pulau-pulau kecil. Seperti halnya Batam-Singapura, Batam-Malaysia, Batam-Tanjung Pinang, dan Batam-Riau daratan.

Dengan naik fery jenis inilah si MAmang mudik dari Johor ke Batam. Kapal ini berbeda jauh dengan Nyi Roro walaupun sama-sama sebagai "Gadis Tumpangan". Ferry ini hanya memuat penumpang dan bagasi penumpang saja. Jangan harap bisa bawa mobil, motor atau barang-barang besar lainnya dikapal ini, karena ukurannya kecil.

Catamaran

Ini adalah jenis lain dari Ferry yang disebutkan diatas. Kapal ferry jenis ini biasa disebut Catamaran.

Kenapa disebut catamaran?

Catamaran berasal dari bahasa India Tamil “Kattumaram” yang bermaksud multi lambung yang berarti kapal yang mempunyai dua lambung. Jenis catamaran bisa digunakan untuk fast ferry ataupun Nyi roro.

Catamaran sudah dikenal oleh orang-orang polinesia sejak pada jaman dahulu kala. Ke stabilan-nya yang sangat tangguh membuat para designer dan pembangun kapal banyak yang melirik untuk membuat jenis kapal ini. Sampai saat ini jenis kapal ini banyak digunakan untuk kapal-kapal penumpang, perahu-perahu layar, bahkan beberapa perahu-perahu nelayan. Keuntungan lain catamaran selain stabil adalah kapal jenis ini memiliki badan yang sangat lebar karena jembatan (Bridge) antara satu lambung dengan lambung yang lainnya digunakan sebagai tempat muatan. Pada kapal Roro, muatan mobil dan penumpang akan lebih banyak dibanding dengan kapal berjenis lain dengan kapasitas yang sama.
Inilah catamaran orang-orang polinesia


Inilah bentuk catamaran dilihat dari depan. Hambatan air yang sedikit membuat tahanan kapal lebih ringan, dan kapal bisa lebih cepat membelah air dibanding dengan kapal lain yang bertenaga sama.


Inilah perbedaan jenis-jenis lambung Catamaran



Trimaran

Dalam perkembangannya catamaran bermetamorfosis menjadi Trimaran dimana kapal ini mempunya lambungnya tiga. Namun biasanya kapal-kapal hanya digunakan untuk tujuan olahraga, bukan untuk pembawa penumpang. Kapal-kapal jenis ini lebih cocok apabila disebut perahu atau bahasa bule nya “boat” karena bentuknya yang mungil.


Ini adalah contoh trimaran...sepertinya meniru perahu-perahu nelayan ya?


Tuh mirip kan??




Cantik-cantik bentuknya kan?



Itulah sedikit penjelasan si Mamang tentang jenis-jenis kapal penumpang. Udah jelas apa masih bingung? Bagi yang masih bingung, ikuti tips dari kuw..

Ambil kopi, masukan ke gelas, seduh dengan air panas tambahkan gula secukupnya. Jadi deh secangkir kopi. Heheheh..

Untuk penjelasan selanjutnya, akan berlanjut ke jilid dua!
Kayak ko ping ho aja heheheh...

1 comment: